fbpx

News & Events

Dua perusahaan otomotif yaitu Mazda dan Toyota telah secara resmi mengumumkan kerjasama mereka untuk membangun pabrik otomotif di Huntsville, Alabama Amerika Serikat. Pembangunan pabrik ini diperkirakan akan menelan biaya hingga USD$ 1,6 miliar. Pabrik yang akan segera dibangun ini diperkirakan akan mempunyai kapasitas produksi tahunan sebesar 300.000 unit mobil.

Pabrik otomotif ini direncanakan segera dibuka pada tahun 2021 dan lokasinya terletak sekitar 14 mil atau sekitar 22 km dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Alabama yang sudah lebih dulu memproduksi berbagai macam mesin seperti untuk mobil Camry, Highlander dan Tundra. Fasilitas terbaru dari Toyota ini diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi 4.000 orang di Alabama dan bisa menjadi pabrik manufaktur Toyota yang ke-11 di Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari halaman Carscoops, CEO pabrikan Mazda, Masamichi Kogai mengatakan bahwa Mazda akan tetap memproduksi mobil dengan visi yang jelas seperti yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu bagaimana mereka ingin memberikan inspriasi bagi banyak orang serta berkontribusi kepada masyarakat dan juga membantu melestarikan keindahan bumi. Mereka juga mempunyai harapan untuk bisa menjadi sesuatu yang spesial di hati karyawan dan juga konsumen yang sudah mempercayakan pilihannya pada Mazda.

Sedangkan Presiden Toyota, Akio Toyoda mengatakan bahwa mereka berinvestasi yaitu dengan membangun pabrik perakitan baru dengan Mazda berdasarkan raihan kesuksesan Mazda di Alabama dan juga salah satu tempat mereka dalam memproduksi mesin untuk pasar otomotif Amerika Utara.

Fasilitas baru ini hanya salah satu bukti dari kemitraan pabrikan mobil Toyota dan Mazda. Dengan bekerja sama seperti ini, mereka juga berharap bisa mengembangkan mobil listrik bersama-sama.

Sebagai informasi, Pabrikan mobil Toyota pernah mengoperasikan pabrik perakitan akhir di Fremont, California. Pabrik tersebut akhirnya dijual kepada Tesla dan sampai dengan saat ini pabrik tersebut masih digunakan oleh Tesla untuk memproduksi mobil-mobil listriknya.

Investasi besar dalam bidang otomotif tersebut tentunya juga memberikan keuntungan tersendiri bagi presiden AS, Donald Trump yang sudah pernah mengutarakan tentang pendapatnya kepada para produsen otomotif yang mendirikan fasilitas pabrikan di negara tetangga. Pabrikan mobil Toyota juga sudah pernah menerima “teguran” dari Trump melalui twitter pribadinya saat berniat mengembangkan mobil Corolla untuk pasar otomotif AS di Meksiko. Sebelumnya, mobil tersebut sudah pernah dikembangkan di Kanada dan Mississippi, US.

Scuto Indonesia hadir untuk melengkapi penampilan mobil anda.

Leave a Reply