fbpx

News & Events

Rencana pabrikan mobil GM ( General Motors ) untuk memproduksi mobil swakemudi atau mobil tanpa setir dan pedal menjadi perdebatan tersendiri. Sampai dengan saat ini, pemerintah AS ( Amerika Serikat ) masih mempertimbangkan permintaan dari pabrikan otomotif tersebut.

Seperti dilansir dari halaman AFP, Menteri Transportasi Amerika, Elaine Chao mengatakan bahwa pemberian izin untuk mobil otonom tersebut merupakan tanggung jawab penuh dari dirinya. Maka dari itu, dirinya akan segera mengirimkan bagian regulator untuk meninjau dan juga memperhatikan dengan seksama pembuatan dan juga sistem kerja dari mobil otonom yang akan dibuat oleh pabrikan otomotif tersebut.

Pabrikan otomotif General Motors juga telah memperkenalkan mobil Cruise AV yang merupakan salah satu mobil swakemudi buatan mereka tanpa kemudi dan pedal. Mereka juga telah megajukan permohonan izin kepada Dinas Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional yang ada di Amerika Serikat untuk bisa melakukan ujicoba bagi mobil otonom ini.

Pabrikan GM meminta ijin kepada otoritas Departemen Perhubungan AS untuk bisa segera meluncurkan mobil Cruise AV ini kepada para konsumennya. Seperti dilansir dari halaman AFP, juru bicara dari GM, Stephanie Rice mengatakan bahwa mereka telah meminta persetujuan untuk bisa mendapatkan izin operasi mobil ini di tahun 2019.

Rice juga mengatakan bahwa mobil Cruise AV akan segera siap untuk diproduksi dan juga dibangun untuk bisa beroperasi sendiri dengan aman dan juga sesuai dengan standarisasi di masing-masing negara. Mobil ini diklaim bisa berjalan tanpa pengemudi, setir, pedal atau juga kontrol manual.

Pabrikan otomotif GM juga mengajukan permintaan kepada NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration) agar bisa membebaskan mobil tersebut dari sejumlah standar federal yang tidak bisa dipenuhi oleh mobil tanpa sopir.

Mereka juga belum bisa membagikan rincian lokasi, tetapi untuk saat ini mereka fokus untuk menguji mobil tanpa sopir tersebut di pusat kota San Francisco, Phoenix dan Metro Detroit. Kami mempunyai rencana memperluas lokasi ke kota New York di tahun ini.

Sebelumnya, pimpinan GM juga pernah mengatakan bahwa mereka mempunyai rencana memperkenalkan armada taksi swakemudi dalam skala yang besar di tahun 2019. Hanya saja rencana ini dinilai terlalu ambisius oleh beberapa kalangan analisis.

Scuto adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Pelindung Cat.

Leave a Reply